Sotsugyo: Salam Perpisahan di Awal Musim Semi 2018

Penulis Nadhira Asiyah Arrin | Foto ​Peter Jaya Satyo


Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan tertinggi dengan ditambah keberhasilan dalam meraih gelar sarjana, wisuda tentunya dijadikan salah satu momen bersejarah dalam perjalanan hidup. Pada 16 Maret 2018 lalu, acara sotsugyo menjadi hari istimewa untuk saling menebar kebahagiaan, baik sebagai sarjana maupun juga adik-adik kelas yang senantiasa mendukung para senior. Meskipun peserta wisuda Spring 2018 kali ini hanya berjumlah 6 orang, hal ini tidak menutup semangat untuk para junior-junior APUINA untuk tetap hadir mewarnai air mata kebahagian para kakak-kakak yang telah lulus. Menyaksikan peresmian kelulusan, berfoto bersama, hingga pemberian kenang-kenangan. Antusiasme ini sukses meluluhkan hati untuk dapat mengingat kenangan ini dengan indah.


“Feel happy and sad at the same time. Happy karena akhirnya gue bisa lulus dari APU. Sad karena buat gue 4 tahun di APU dan di Beppu banyak banget hal-hal yang berkesan. Sedih karena masa-masa itu sudah harus selesai,” ujar Chandra Prassyethio Soegoto, salah satu wisudawan. ​


Kebersamaan memang bisa saja dibatasi oleh ruang dan waktu, tetapi cerita tetap saja tak lekang oleh zaman. Perpisahan boleh saja terjadi, bukan berarti menjadi hambatan dalam menjaga hubungan baik. Selamat dan sukses untuk wisudawan dan wisudawati Spring 2018!


“Nikmati masa-masa kuliah dan jangan malas atau takut mencoba hal baru. Semangat untuk studinya!” pesan Antonius Steven Keefelian kepada seluruh anggota APUINA.



4 views
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • line-logo-white-png-4

CONTACT US

@RitsumeikanAPUIna

@apu_ina

APUINA TV

@459vpzag

Ritsumeikan Asia Pacific University, Beppu, Oita, Japan

© 2020 by APUINA Media and Publication Team