Buka Puasa di Beppu

Penulis: Nadhira Asiyah | Foto: ​Ananda Murti


Selamat memasuki bulan suci Ramadhan bagi yang menjalankan! Semoga jangka waktu pagi hingga sore yang lebih panjang tak menyurutkan niat kita untuk berpuasa. Meski harus menahan haus dan lapar di tengah kesibukan, buka puasa tetap dapat menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan teman-teman. Masjid Beppu yang terletak di area Mochigahama menjadi salah satu pilihannya. Tak hanya mendapat ta’jil secara cuma-cuma, kita juga dapat memperluas jaringan sosial karena siapapun bisa ikut serta dan turut meramaikan acara buka bersama.


“Buka bersama ini sangat tepat untuk menghangatkan hati-hati perantau yang sama-sama jauh dari orangtua. Tak hanya merekatkan hubungan sesama muslim, acara ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk mendekatkan interaksi antara komunitas muslim di Beppu, pemeluk agama lain, dan juga warga Beppu sendiri,”

- Ardhina Mulya Lalita, selaku salah satu relawan dalam mengurusi kegiatan ini.


Di akhir pekan, terdapat beberapa perwakilan negara khusus yang diminta untuk menyiapkan makanan khas daerah masing-masing. Bertepatan dengan 3 Ramadhan 1439 atau 19 Mei 2018 lalu, Indonesia menjadi negara pertama yang diberi kesempatan untuk menyajikan santapan buka puasa. Acara ini tak hanya dihadiri oleh anak-anak yang rindu masakan rumah, tetapi juga para penduduk sekitar yang memang sudah lama tertarik dengan hal-hal yang berbau Indonesia. Beberapa diantara mereka adalah masyarakat Beppu yang mengikuti program belajar Bahasa Arab di Masjid setiap akhir pekan.

Setiap harinya, masjid menyediakan makanan sekitar 300 porsi, mulai dari makanan pembuka, pokok, hingga penutup. Selain makan bersama, acara ini juga dilanjutkan dengan solat Maghrib dan Tarawih berjama’ah. Acara ini rutin diadakan selama satu bulan penuh, sehingga sangat dipersilahkan bagi siapapun yang ingin bergabung untuk merasakan keramaian berbuka puasa di masjid. Selain itu, teman-teman yang masih menetap di AP House tidak perlu khawatir meski belum memiliki masjid terdekat. Komunitas Indonesia juga sudah menjadi inisiator dalam pengadaan solat tarawih berjama’ah setiap malam pukul 22:30 di Meeting Room 1 AP House 1. Faktanya, solat tarawih ini juga banyak diikuti oleh mahasiswa dari bermacam–macam kewarganegaraan, dimulai dari Pakistan, Bangladesh, hingga Uzbekistan.



3 views
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • line-logo-white-png-4

CONTACT US

@RitsumeikanAPUIna

@apu_ina

APUINA TV

@459vpzag

Ritsumeikan Asia Pacific University, Beppu, Oita, Japan

© 2020 by APUINA Media and Publication Team