Berkenalan dengan Ketua Indonesian Week 2018

Penulis: Maria Imaculata Wintang Taraswati 



Indonesian Week, serangkaian acara penuh cerita yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya akan segera tiba. Mulai dari titik 0 mahasiswa Indonesia telah membangun Indonesian Week menjadi sebuah memori dengan kesan yang mendalam. Tahun ini dengan tema "Spread the Glory of Indonesia", Muhammad Farhan Arandra akan menahkodai kita untuk bersama-sama memberi warna baru bagi salah satu Multicultural Week yang paling dinantikan ini. Di sela-sela kesibukannya, perwakilan APUINA Journal, Tara (T) berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Farhan (F) mengenai tema yang diangkat tahun ini hingga antusiasme mahasiswa APU terkait Indonesian Week 2018.

T: “Bagaimana rasanya terpilih menjadi Ketua Indonesian Week 2018? Apakah memang dari awal tertarik atau ada dorongan dari orang lain?” F: “Kalau dibilang dari awal tertarik juga nggak, dan kalau ada satu atau dua orang yang mendorong saya menjadi ketua pun juga nggak. Tapi ketika ada cerita-cerita tentang Indonesian Week 2018, mulai terpikirlah siapa ya yang akan jadi ketua, dari situ dukungan dari teman-teman mulai bermunculan. Hingga pada saat terpilih menjadi ketua Indonesian Week, pertama-tama pastinya merasa tertantang karena punya tanggung jawab besar yang harus diemban untuk beberapa bulan kedepan. Tapi untuk mengatasi itu tidak hanya dengan berdoa, melainkan juga dengan berusaha mempersiapkan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan mulai dari sekarang hingga berlangsungnya acara.”

T: “Tahun ini Indonesian Week mengangkat tema "Spread the Glory of Indonesia’". Hal apa yang sebenernya ingin diangkat melalui tema ini, terutama kepada mahasiswa internasional di APU?” F: “ 'Spread the Glory of Indonesia'  itu pada dasarnya kita ingin menyebarkan semangat dan kejayaan yang ada di Indonesia. Yang pertama, semangat yang ada di Indonesia, contohnya adalah semangat para pemudanya dan keberagaman budayanya yang ingin kita sebarkan dan tularkan kepada mahasiswa-mahasiswi di APU. Semangat Bhineka Tunggal Ika yang kita punya pun sangat senada dengan semangat multikulturalisme yang ada di APU, dan hal itulah yang ingin kita tunjukkan ke mahasiswa internasional di APU. Walaupun Indonesia suku dan orangnya berbeda-beda tapi bisa bersatu dibawah naungan Indonesia, dan APU bisa seperti itu, walaupun kita dari negara yang berbeda kita pun bisa bersatu juga dibawah naungan APU.”

T: “Berapa jumlah partisipan Domestik dan Internasional di Indonesian Week tahun ini?” F: “Total kita ada 398 orang, sudah termasuk panitia, tapi belum menutup kemungkinan untuk hal-hal lain datang, jadi kita sudah siap 450 orang. Jumlah partisipan domestik dan internasional sama-sama banyak, melihat saat pendaftaran kemarin partisipan internasional yang mendaftar sangat banyak.”

T: “Apa yang membedakan Indonesian Week tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya?” F: “Sebenernya menurut saya, semua Indonesian Week itu punya ciri khas nya masing-masing sih. Nggak ada Ina Week yang lebih baik, nggak ada Ina Week yang lebih buruk, karena pada dasarnya Ina Week bukanlah kompetisi. Tapi yang saya pikir dari Ina Week tahun ini, dengan tema kita (Spread the Glory of Indonesia), semangat kejayaan itu ingin kita tumpahkan bukan hanya ketika honban Indonesian Week, tapi pada saat proses menuju honban itu sendiri.”

T: “Bagaimana persiapan Indonesian Week sejauh ini?” F: “Sejauh ini kita sedang mempersiapkan rehearsal yang akan dilakukan dalam beberapa minggu lagi. Selain rehearsal kita juga sudah mempersiapkan banyak hal, contohnya sisi office, sponsor, dan performers. Hingga sampai sejauh ini, Alhamdullilah semuanya berjalan dengan baik dan lancar.”

T: “Bagaimana tanggapan mahasiswa internasional mengenai Indonesian Week 2018?” F: “Yang saya tangkap semuanya merasa tanoshimi dan senang. Ketika mereka audisi dan latihan pertama, banyak banget yang merasa tertantang untuk mencoba hal-hal baru, terutama untuk mahasiswa internasional, mereka terlihat sangat senang dengan budaya Indonesia. Jadi saya pun merasa sangat penasaran untuk melihat semangat mereka dan kita semua di hari H nanti.”

T: “Apa harapan untuk Indonesian Week tahun ini? Adakah pesan yang ingin disampaikan kepada warga APUINA?” F: “Harapan kita Ina Week tahun ini sesuai dengan tema yang ada, kita berharap kita bisa menunjukkan kepada mahasiswa-mahasiswa di APU bahwa kita bisa lho unite in diversity, dan selain menunjukkan itu kita pun tak lupa kita harus mengemplementasikan ke kalangan sendiri. Pesan buat warga APUINA, Indonesian Week adalah punya bersama, dan bukan sebagai tujuan untuk pamer dan berkompetisi dengan 'week' lain, melainkan murni semata-mata untuk mengharumkan nama ibu pertiwi walaupun kita sedang merantau sekarang.”

5 views
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • line-logo-white-png-4

CONTACT US

@RitsumeikanAPUIna

@apu_ina

APUINA TV

@459vpzag

Ritsumeikan Asia Pacific University, Beppu, Oita, Japan

© 2020 by APUINA Media and Publication Team